Jumat, 27 Februari 2009

Dewasa, bukan karena usia


Dewasa...... Adalah saat yang sangat kita tunggu saat kita kecil. Betapa menjadi dewasa adalah hal yang sangat luar biasa dan tak jarang kita ingin meloncati semua fase hidup untuk menjadi dewasa. Dan, tanpa kita sadari kta menjadi dewasa sebelum waktunya.

Kadang kala orang berfikir bahwa seorang menjadi dewasa karena usia yang semakin bertambah. Kadang pula orang menjadi dewasa karena keadaan yang membuatnya menjadi dewasa, keluarga misalnya. Namun, dewasa bukanlah karena usia, bukan pula faktor lingkungan yang menjadikan kita dewasa.

Dewasa adalah bagaimana kita bertanggung jawab dan bagaimana cara kita berpikir.

Maka jangan heran kalau sering kita temui beberapa orang disekitar kita merasa bangga dengan 'kedewasaannya' namun sesungguhnya cara berpikirnya masih seperti anak-anak. Kadang kala hal sepela yang menurut kita yang usianya jauh dibawahnya dapat diselesaikan dengan 2 atau 3 langkah, mereka menyelesaikan dengan jalan yang sangat berliku bahkan membuat mereka menjadi uring-uringan sendiri. Tak jarang pula mereka selalu mengungkit hal yang itu-itu saja, membanggakan senioritas dalam pekerjaan namun sesungguhnya mereka tidak mengerjakan apa-apa bahkan tak jarang mereka melimpahkan tanggung jawab kepada juniornya namun dengan bangga memprokamirkan bahwa merekalah yang mengerjakan pekerjaan mereka dan tak jarang mereka menghina junior yang telah membantu mereka.

Secara usia, mungkin mereka memang lebih dewasa. namun, secara pemikiran, kadang mereka jauh dibawah kita yang usianya dibawah mereka.

Dewasalah dalam tingkah lakumu dan pikiranmu, jangan hanya dengan usiamu

2 komentar:

  1. Hoho.. merujuk pada orang2 tertentu?
    Mmm.. dewasa ya? Kadang2 orang yang makin bertambah dalam umur malah cenderung makin seperti anak kecil. Jadi ada titik baliknya seseorang kembali lagi menjadi tidak dewasa dan meminta diperhatikan. Seperti kakek kita atau nenek kita, makin tua mereka akan makin menuntut perhatian kita karena mereka sendiri tidak berdaya, persis kaya anak bayi kan?
    Clararch02.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Yang pasti bukan gw yg tertuduh.. huahaha..

    BalasHapus